Pengantar Singkat Untuk Teknologi Serat Optik

Memahami bagaimana serat optik dibuat dan berfungsi untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah karya seni yang menarik dikombinasikan dengan sains. Serat optik telah dibuat dari bahan yang mentransmisikan cahaya dan terbuat dari bundel kaca yang sangat tipis atau serat plastik tertutup dalam tabung. Satu ujung berada pada sumber cahaya dan ujung lainnya adalah lensa kamera, digunakan untuk menyalurkan cahaya dan gambar di sekitar tikungan dan sudut. Serat optik memiliki inti kaca yang sangat transparan, atau plastik yang dikelilingi oleh penutup yang disebut “cladding”. Cahaya dirangsang melalui sumber di salah satu ujung serat optik dan saat cahaya bergerak melalui tabung, kelongsong ada di sana untuk menyimpan semuanya di dalam. Satu bundel serat optik dapat ditekuk atau dipelintir tanpa mengubah gambar, karena kelongsong dirancang untuk memantulkan gambar pencahayaan ini dari dalam permukaan. Sumber cahaya serat optik ini dapat membawa cahaya pada jarak massa, mulai dari beberapa inci hingga lebih dari 100 mil.

Ada dua jenis serat optik. Single-mode fiber optic digunakan untuk transmisi kecepatan tinggi dan jarak jauh karena mereka memiliki inti yang sangat kecil dan mereka menerima cahaya hanya di sepanjang sumbu serat. Laser kecil mengirim cahaya langsung ke serat optik di mana ada konektor low-loss yang digunakan untuk bergabung dengan serat dalam sistem tanpa secara substansial merendahkan sinyal cahaya. Lalu ada multi-mode yang memiliki core jauh lebih besar dan menerima cahaya dari berbagai sudut dan dapat menggunakan lebih banyak jenis sumber cahaya. Multi-mode fiber optic juga menggunakan konektor yang lebih murah, tetapi mereka tidak dapat digunakan jarak jauh seperti dengan single-mode fiber optic.

Serat optik memiliki banyak kegunaan. Paling umum dan banyak digunakan dalam sistem komunikasi, sistem komunikasi serat optik memiliki berbagai fitur yang membuatnya lebih unggul daripada sistem yang menggunakan kabel tembaga tradisional. Penggunaan serat optik dengan sistem ini menggunakan kapasitas pembawa informasi yang lebih besar di mana mereka tidak terganggu dengan gangguan listrik dan membutuhkan lebih sedikit amplifier daripada sistem kabel tembaga. Sistem komunikasi serat optik dipasang di jaringan besar bundel serat optik di seluruh dunia dan bahkan di bawah lautan. Banyak penguji serat optik tersedia untuk memberi Anda peralatan serat optik terbaik.

Dalam sistem komunikasi serat optik, laser digunakan untuk mengirimkan pesan dalam kode numerik dengan menyalakan dan mematikan dengan kecepatan tinggi. Kode ini dapat merupakan suara atau file elektronik yang berisi, teks, angka, atau ilustrasi, semua dengan menggunakan serat optik. Cahaya dari banyak laser ditambahkan bersama-sama ke satu serat optik yang memungkinkan ribuan arus data untuk melewati satu kabel serat optik pada satu waktu. Data ini akan melakukan perjalanan melalui serat optik dan ke perangkat interpretasi untuk mengubah pesan kembali ke dalam bentuk sinyal aslinya. Industri juga menggunakan serat optik untuk mengukur suhu, tekanan, akselerasi dan tegangan, di antara bermacam-macam kegunaan lain.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>